Usaha Pembenihan Ikan Lele Untuk Pemula

Usaha Pembenihan Ikan Lele Untuk Pemula - Ikan lele merupakan ikan air tawar yang sangat digemari oleh masyarakat luas. Jika kita keluar rumah untuk mencari makan, banyak sekali masakan yang berasal dari ikan berkumis ini. Contohnya, pecel lele, pepes lele, lele lalapan, keripik lele, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pembenihan Ikan Lele

Dengan banyaknya menu yang ditawarkan oleh ikan ini menjadikan orang - orang berbondong - bondong untuk memanfaatkan binatang ini. Ada sebagian orang yang berdagang makanan di pinggir jalan dengan menu ikan lele ini, ada yang berdagang ikan lele hidup, ada yang menjual anakan ikan lele ini. Semua yakin dengan berdagang ikan lele ini akan mendapatkan untung yang berlimpah karena ikan lele ini adalah salah satu ikan yang memiliki prospek dagang yang sangat menjanjikan. Namun ada sebagian orang merasa kesulitan untuk usaha budi daya pembenihan ikan lele ini. Mereka berasumsi seperti itu karena sudah sering mencoba tapi sering gagal. Untuk merubah mainset masyarakat tentang budi daya benih ikan lele ini, pada kesempatan ini saya akan mengulas artikel tentang Usaha Pembenihan Ikan Lele Untuk Pemula.

Usaha pembenihan ikan lele merupakan salah satu usaha yang paling mudah dan menguntungkan, hal ini dikarenakan ikan lele ini mempunyai karakter mudah beradaptasi dalam berbagai macam media yang digunakan. Anda bisa menggunakan kolam tanah, kolam semen, kolam dari terpal, maupun kolam dari drum bekas. Namun untuk memulai usaha ini saya lebih menyarankan anda untuk menggunakan media terpal. Selain murah, media ini juga praktis dan tidak bikin repot.

Untuk memulai usaha pembenihan ikan lele ini anda harus mencari indukan yang berkualitas dan cocok untuk dipijahkan. Dari satu ekor indukan betina berukuran pergelangan tangan orang dewasa dapat menghasilkan 20 - 30 ribu ekor bibit lele. Ketika indukan betina sudah mulai kelihatan perutnya membesar dan dipenuhi dengan telur, anda harus memisahkannya dari indukan jantan agar calon anakan ikan yang masih berbentuk telur tidak dimangsa oleh indukan jantan.

Setelah indukan betina bertelur pada media terpal yang sudah disediakan, kurang lebih selama 12 jam telur - telur ini akan menetas dan menjadi anakan lele. Selama menetas hingga ikan lele berusia 14 hari, anda harus memberi asupan makanan yang cukup. Anda bisa memberi makanan benih lele ini dengan cacing sutra yang mudah kita temui di pasar - pasar ataupun di toko pakan binatang ternak. Setelah benih lele berusia 15 hari dan seterusnya, anda bisa memberi pakan pelet dari hasil pabrikan.
Usaha Pembenihan Ikan Lele Untuk Pemula

Dengan proses pembenihan dan perawatan yang maksimal, anda dapat mendapatkan keuntungan yang sangat cepat. Biasanya dalam usia 20 hari ini, benih ikan lele ini sudah berukuran 2 hingga 4 centimeter dan anda sudah bisa memulai untuk menjualnya. Dalam penjualan benih ikan lele ini biasanya tergantung permintaan pembeli. Biasanya ada yang dijual perekor, ataupun dijual perliter. Untuk benih ikan lele yang dijual perliteran biasanya dihargai 50 hingga 70 ribu, sedangkan bibit yang dijual perekor biasanya dihargai 100 - 200 rupiah. 

Berdasarkan keterangan salah satu pembudi daya bibit ikan lele di daerah Ponorogo, para petani lele dapat memperoleh 500 hingga 700 ribu dari satu terpal. Mereka mengkalkulasi dari hasil kotor penjualan ikan sekitar 900 - 1 juta rupiah dikurangi modal usaha untuk pembelian pakan setiap bulan sekitar 200 ribu hingga 300 ribu rupiah.

Dengan keuntungan yang cukup besar ini tentunya menjadikan usaha pembenihan ikan lele ini menjadi salah satu alternatif usaha yang sangat pantas untuk dicoba.Selain itu ketakutan masyarakat tentang sulitnya usaha pembenihan ikan lele tidak terbukti. Yang kita butuhkan adalah ilmu yang tepat untuk memulai usaha ini.

Demikian tadi artikel kami yang berjudul Usaha Pembenihan Ikan Lele Untuk Pemula, semoga bisa menjadi acuan buat anda yang ingin usaha ini. Bila anda punya pertanyaan terkait artikel kami ini bisa menuliskannya dikolom komentar. Mungkin anda ingin membaca artikel kami yang lainnya tentang Cara Ternak Lele Dumbo Pada Drum Plastik. Terimakasih atas kunjungan anda. Jangan lupa share ke teman - teman anda yang lainnya barang kali ada yang membutuhkannya.

0 Response to "Usaha Pembenihan Ikan Lele Untuk Pemula"

Post a Comment